Pahami dan Kenali Karakter Balita Anda

Home / Artikel / Pahami dan Kenali Karakter Balita Anda

image1

Setiap anak pastinya memiliki karakter dan tingkat temperamen yang berbeda. Secara umum, terdapat tiga tipe karakter anak yang sering dijumpai, yaitu: Penakut/pemalu, aktif/ cerewet, dan si manis yang mudah diatur. Nah, berikut ciri-ciri mereka dan tips untuk menghadapi mereka.

  1. Si penakut/ pemalu. Tidak mudah bagi anak untuk berbaur dengan orang yang baru dikenal atau lingkungan yang masih asing baginya. Anda sebagai orang tua harus sabar dan intens untuk selalu mengenalkan anak pada teman-teman baru dan lingkungan baru dan membiasakannya. Hal tersebut bertujuan agar si anak bisa lebih mudah beradaptasi dengan orang lain dan mudah merasa nyaman.
  1. Tukang rewel, aktif, dan ceriwis. Menghadapi karakter anak seperti ini memang harus ekstra sabar dan dengan pendekatan yang lembut. Menurut Alice Sterling Honig, Ph.D., penulis Secure Relationship: Nurturing Infant-Toddler Attachments in Early Care Settings, anak-anak yang suka rewel, moody, atau gampang ngambek punya perasaan dan respon yang lebih peka dibanding anak lain.
  1. Si manis yang penurut. Nah, ini adalah tipe anak yang membuat orang tua tenang dan nggak butuh tenaga ekstra untuk mengaturnya. Si anak biasanya tidak terlalu mencari perhatian anda, justru andalah yang harus banyak memberikan perhatian lebih pada si anak.

Seperti itulah gambaran umum jenis karakter anak yang biasa ditemui. Pahami betul-betul tipe karakter anak anda dan berikan dia pendekatan yang tepat dan tidak berlebihan.

Sumber acuan: parenting.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *