Mandiri Membawa Bahagia

Home / Artikel / Mandiri Membawa Bahagia
Mengenal Tanaman
Mengenal Tanaman

“Orang tua yang bijak akan selalu menyadari bahwa setiap bangunan jiwa yang disusun adalah kondasi yang kekal buat masa depan anak anak nya kelak”

Sering sekali kita mendengar, bagaimana sih cara mendidik anak agar mandiri atau keluhan para orang tua yang mengatakan “susah banget sih bikin anak saya mandiri, bagaimana sih caranya” dengan nada yang nyaris tak tahu lagi harus apa?” jika pertanyaan seperti itu juga muncul dibenak para orang tua di sekolah Al Falah tercinta ini, mari kita simak bagaimana cara mendidik anak agar mandiri.

Mari kita tanyakan pada diri kita sebagai orang tua, apa yang berbeda dari cara orang tua kita dulu mendidik kita, ketika kita dulu dibesarkan secara pas-pasan dan kita harus melakukannya semua sendiri. Sedang anak anak kita sekarang terlalu nyaman karena semua sudah kita sediakan. Justru disanalah letak permasalahannya, kita menyediakan segala sesuatunya bagi anak anda tanpa membuat anak kita berjuang, dulu kita untuk memiliki sepatu baru harus memiliki nilai yang tinggi dulu, tanpa menjadi juara jangan harap kita bisa mendapatkan sepatu baru. Tapi sekarang, coba tanyakan pada diri kita bagaimana kita menyiapkan segala sesuatunya buat anak anak kita, jawabannya pasti kita menyiapkan segala kebutuhannya sebelum anak anak meminta, sepatu sebelum diminta sudah kita belikan.

Sekarang kita sudah tahu permasalahannya tetapi kita masih  saja memanjakan anak anak kita, jadi jika anak anak sulit mendiri? siapa yang harus kita salahkan? dan jawabannya selalu “Tetapi bagaimana lagi, kan kasihan? Daripada dia repot-repot, takut nanti anak anak butuh.” Justru itulah permasalahannya, kita tidak mau membuat anak kita repot. Sebenarnya itu untuk latihan yang perlu di jalaninya agar dia bisa mengembangkan dirinya. Lalu bagaimana anak anak bisa mandiri?

Jadi jawabannya sudah ada yah Ayah Bunda? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *