Kindergarten

Home / Kindergarten

Pendidikan anak di usia TK merupakan fase pendidikan terpenting dalam rentang pendidikan anak. Pada usia inilah setiap anak dibentuk karakter kepribadiannya, yang kelak mendasari tumbuh kembang aspek kognitif, afektif dan psikomotor anak.

TK AL FALAH berusaha memahami fase tersebut dengan menekankan pendidikan pada aspek pengembangan kepribadian yang mandiri, baik secara pribadi maupun sosial. Sekolah dijadikan sebagai rumah kedua bagi anak. Anak diterima apa adanya sambil berupaya menumbuhkan rasa senang dan keceriaan anak. Pembelajaran tak lagi klasikal, tapi individual. Setiap anak mendapat pelayanan sesuai dengan keadaan dirinya yang unik. Dengan memenuhi kebutuhan main anak diharapkan anak siap untuk menuju pembelajaran di jenjang sekolah dasar.

Program kegiatan TK AL Falah meliputi tiga hal :

  1. Pertama, program pengembangan keimanan dan ketaqwaan. Diajarkan bagaimana anak mengenal Allah melalui sifat dan ciptaan-Nya, malaikat, nabi dan rasul, sholat, wudhu, doa-doa dan kalimat thoyibah.
  2. Kedua, program pembentukan perilaku, baik intrapersonal (kemandirian, pengendalian diri, disiplin dan percaya diri) maupun interpersonal (hormat sesama, peduli lingkungan, bekerja sama, dan menerima otorita.
  3. Ketiga, program pengembangan kemampuan dasar (dasar-dasar ilmu pengetahuan, struktur berfikir logis) dalam ranah kognitif, afektif, psikomotor, dengan menggunakan pendekatan dan metode yang menyenangkan.

Program integral itu dimantapkan dengan aktivitas penunjang lain. Untuk menanamkan pemahaman anak akan sikap hidup bersih dan sehat ada kegiatan pemeriksaan dan perawatan gigi, pembagian vitamin, dan pemeriksaan kesehatan badan.

Sebagai bentuk upaya pengembangan kreativitas diadakan out door activity (kegiatan pagi semi out bound), renang, serta kegiatan kaya wisata seperti belanja ke toserba, berkebun, dan rekreasi. Kreasi anak juga disalurkan lewat kegiatan diantaranya bermain musik, gerak dan lagu, serta bermain peran.

Fasilitas :

  1. Kelas ber AC
  2. Multimedia Kelas
  3. Medical Check dengan Dokter
  4. Guru Profesional
  5. Tempat bermain
  6. Pengembangan Bahasa Inggris

Program Penunjang :

  1. Mendidik Akhlaqul Karimah
  2. Al-Qur’an Learning dengan Metode Tilawati
  3. Berdoa Dhuha habituasi di Sekolah
  4. Pengembangan saraf motorik lunak dan keras
  5. Pengembangan abjad
  6. Pembiasaan Karakter Positif
  7. Konsep Diri Pengembangan (mandiri, kreatif, dan percaya diri)
  8. Al-Qur’an membaca habituasi melalui dengan mengetahui abjad hijaiyyah
  9. Belajar bahasa Inggris, Arab, dan ICT
  10. Cinta buku dan membaca habituasi oleh Loving Book Program
  11. Pengembangan bakat dan kreativitas
  12. Renang
  13. Junior English Club
  14. TadabburAlam (field trip /outbound)
  15. Program Ekstra kurikuler: Tae Kwon Do for Kids, Futsal, Drawing Class,Muhadhoroh / Speech, Robotic.
  16. Parenting bagi orang tua.

Waktu Kegiatan :

5 hari dalam sepekan

Jam. 07.00 – 12.00 WIB